Wellcome to Jeymind18

Friday 10 May 2013

Pelaksanaan Pembelajaran PAI

1.      Pelaksanaan Pembelajaran
Pelaksanaan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu badan atau wadah secara berencana, teratur dan terarah guna mencapai tujuan yang diharapkan. Pengertian Implementasi atau pelaksanaan menurut Westa bahwa pelaksanaan merupakan aktifitas atau usaha-usaha yang dilaksanakan untuk melaksanakan semua rencana dan kebijaksanaan yang telah dirumuskan dan ditetapkan dengan dilengkapi segala kebutuhan, alat-alat yang diperlukan, siapa yang melaksanakan, dimana tempat pelaksanaannya mulai dan bagaimana cara yang harus dilaksanakan[1]
Pelaksanaan juga berarti aktifitas atau usaha-usaha yang dilaksanakan yang dikemukakan oleh Abdullah bahwa Implementasi adalah suatu proses rangkaian kegiatan tindak lanjut setelah program atau kebijaksanaan ditetapkan yang terdiri atas pengambilan keputusan, langkah yang strategis maupun operasional atau kebijaksanaan menjadi kenyataan guna mencapai sasaran dari program yang ditetepkan semula. [2]
Pelaksanaan adalah proses, cara, perbuatan melaksanakan hasil rancangan atau keputusan. Menurut E. Mulyasa pelaksanaan adalah kegiatan untuk merealisasikan rencana menjadi tindakan nyata dalam rangka mencapai tujuan secara efektif dan efisien.[3]
Dari pengertian yang dikemukakan di atas dapatlah ditarik suatu kesimpulan bahwa pada dasarnya pelaksanaan merupakan perwujudan secara nyata suatu program yang telah ditetapkan atau telah direncanakan untuk mencapai suatu tujuan.
Istilah pembelajaran sering diidentikkan dengan pengajaran hal ini terlihat dalam redaksi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 20 (tentang standar proses) dinyatakan: “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar”[4]
Terdapat pergeseran paradigma pendidikan dari mengajar ke membelajarkan. Mengajar lebih menekankan pada kegiatan guru dalam mentransformasikan ilmu atau materi kepada siswa, dan siswa hanya sebagai pendengar, sedangkan pembelajaran lebih menekankan pada proses kegiatan siswa yang aktif mencari, menemukan sekaligus mempresentasikan temuan belajarnya.
Penyelenggaraan pembelajaran merupakan salah satu tugas utama guru. Sebagaimana diungkapkan oleh Dimyati dan Mudjiono bahwa pembelajaran dapat diartikan sebagai proses yang diselenggarakan oleh guru untuk membelajarkan siswa.[5] Selanjutnya Dimyati melanjutkan pembelajaran berarti meningkatkan kemampuan-kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.[6]
Berikut beberapa definisi tentang pembelajaran yang dikemukakan oleh para ahli:
1.      Menurut Degeng pembelajaran atau ungkapan yang lebih dikenal sebelumnya “pengajaran” adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Dalam pengertian ini secara implisit dalam pembalajaran terdapat kegiatan memilih, menetapkan, mengembangkan metode untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan.[7]
2.      Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa untuk belajar. Kegiatan ini mengakibatkan siswa mempelajari sesuatu dengan cara lebih efektif dan efisien.[8]
3.      Pembelajaran adalah suatu usaha mengorganisasi lingkungan sehingga menciptakan kondisi belajar siswa.[9]
Jadi dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan perwujudan secara nyata sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran dengan langkah-langkah tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran.


[1] http://ekhardhi.blogspot.com/2010/12/pelaksanaan.html diakses pada tanggal 19 Februari 2013 pukul 04:40 am
[2] Ibid.,
[4] Prof. Dr. Suryono, M.Pd dan Drs. Haryanto, M.S, 2011, Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, Hal., 4
[5] Dimyati & Mujiono, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta. hal. 113
[6] Ibid.,159
[7] Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd, 2011, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: PT Bumi Aksara, Hal., 83
Muhaimin. M.A. et.al 2004, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah, Bandung: Peraja Rosda Karya, hal. 183
[8] Muhaimin, dkk, 1996, Strategi Belajar Mengajar Penerapan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama, Surabaya: CV Citra Media, hal. 99
[9] Oemar Hamalik, 2001, Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Bumi Aksara, hal. 48

No comments:

Featured post

Hak dan kewajiban suami istri menurut imam mazhab

--> Kewajiban suami atau hak istri a)       Meminpin, memelihara dan membimbing keluargaserta menjaga dan bertanggung jawab atas ...

Popular Posts