Wellcome to Jeymind18

Monday 18 March 2013

Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar



Pembelajaran adalah kegiatan untuk membelajarkan siswa (degeng dalam hamzah, 2007). Ditjend Dikdasmen (2006) mengungkapkan bahwa kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pembelajaran matematika merupakan interaksi antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar matematika.
Marthen Tapilouw ( 1991: 4-5 ) menjelaskan ada 4 prinsip belajar matematika di sekolah dasar  yaitu :
1.      Kesiapan belajar
Dalam hal ini guru perlu memahami bahwa terdapat perbedaan kecepatan di antara murid–murid di kelas, demikian pula perbedaan di antara gaya–gaya yang khas di antara murid. Oleh karena itu, kesiapan murid untuk belajar dengan berbagai perbedaan murid perlu menjadi masukan bagi guru dalam kegiatan belajar–mengajar.
2.      Penyelidikan dan penemuan
Menemukan sendiri aturan–aturan dalam pelajaran matematika merupakan suatu aspek yang perlu dikembangkan oleh guru dalam kegiatan belajar–mengajar biarpun kita menyadari bahwa murid memerlukan waktu untuk menyelidiki dan menemukan berbagai pola dan hubungan
3.      Penekanan pada struktur matematika
Pada saat guru mengajarkan suatu pokok bahasan, diperlukan penekanan pada struktur matematika serta hubungan antara pokok bahasan itu dengan pokok bahasan lain.
4.      Berlatih secara berkala dan teratur
Latihan secara berkala dan bersifat rasional merupakan kegiatan penekanan pada murid untuk mengerti, memahami, menggunakan, menyimpulkan, menilai, dan mengambil manfaat dari pokok bahasan matematika yang dipelajarinya. Untuk mengerjakan suatu tugas yang diberikan oleh guru, terlebih dahulu murid perlu menghafal dan memahami pengertian dasar, prasyarat, dan pola kerja. Oleh karena itu, diperlukan petunjuk yang jelas dari guru.

No comments:

Featured post

Hak dan kewajiban suami istri menurut imam mazhab

--> Kewajiban suami atau hak istri a)       Meminpin, memelihara dan membimbing keluargaserta menjaga dan bertanggung jawab atas ...

Popular Posts