Wellcome to Jeymind18

Friday 22 March 2013

Al-Quran dan Penjelasannya


1.          PENGERTIAN AL-QURAN
Menurut bahasaAl-Quran itu berarti bacaan atau yang dibaca. Al-Qur'an merupakan mashdar (kata benda) dari kata kerja Qoro’a (قرأ) yang berarti: membaca. Sebagaimana yang tercantum dalam Surah al-Qiyamah ayat 17-18:


 
إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُۥ وَقُرْءَانَهُۥ (١٧) فَإِذَا قَرَأْنَٰهُ فَٱتَّبِعْ قُرْءَانَهُۥ (١٨)

“Sesungguhnya kami yang akan mengumpulkan (di dadamu) dan membacakannya, apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaan itu.”
bÎ)
: Sesungguhnya
#sŒÎ*sù
: Maka jika/apabila
$uZøŠn=tã
: Atas kami
m»tRù&ts%
: Kami telah selesai    membacakannya
r
: Dan
ìÎ7¨?$$sù
: maka ikutilah
¼çmyè÷Hsd
: membacakannya
mtR#uäöè%
: bacaan itu
mtR#uäöè%
: Membacakannya



Adapun menurut istilah, al-Quran adalah kalam Allah Swt. yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw melalui malaikat jibril yang dihimpun dalam mushaf yang merupakan mu’jizat Nabi Muhammad saw sebagai pedoman serta petunjuk seluruh umat manusia sepanjang masa dan bagi yang membacanya merupakan perbuatan ibadah.
Dengan demikian, kalam Allah swt yang diturunkan kepada nabi-nabi selain Nabi Muhammad saw tidak dinamakan al-Quran. Seperti Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa, Injil kepada Nabi Isa atau Zabur kepada Nabi Daud. Al-Quran terdiri dari 30 juz, 114 surat, 91 turun di Mekkah dan 23 turun di Madinah dan 6236/6666 ayat.
2.        KEDUDUKAN AL-QURAN
Al-Qur’an sebagai kitab Allah SWT menempati posisi sebagai sumber pertama dan utama dari seluruh ajaran Islam, baik yang mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri, hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesamanya, dan hubungan manusia dengan alam.
3.          FUNGSI AL-QURAN
1.      Petunjuk bagi Manusia.
Allah swt menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk umat manusia, seperti yang dijelaskan dalam surat (Q.S AL-Baqarah 2:185 (QS AL-Baqarah 2:2) dan (Q.S AL-Fusilat 41:44)

2.      Sumber pokok ajaran islam.
Fungsi AL-Qur’an sebagai sumber ajaran islam sudah diyakini dan diakui kebenarannya oleh segenap hukum islam. Adapun ajarannya meliputi persoalan kemanusiaan secara umum seperti hukum, ibadah, ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan dan seni.
3.      Peringatan dan pelajaran bagi manusia.
Dalam AL-Qur’an banyak diterangkan tentang kisah para nabi dan umat terdahulu, baik umat yang taat melaksanakan perintah Allah maupun mereka yang menentang dan mengingkari ajaran-Nya. Bagi kita, umat yang akan datang kemudian tentu harus pandai mengambil hikmah dan pelajaran dari kisah-kisah yang diterangkan dalam Al-Qur’an.
4.      Sebagai mukjizat Nabi Muhammad saw.
Turunnya Al-Qur’an merupakan salah satu mukjizat yang dimiliki oleh nabi Muhammad saw. Al-Qur'an adalah wahyu Allah  yang berfungsi sebagai mu'jizat bagi Rasulullah Muhammad saw sebagai pedoman hidup bagi setiap Muslim dan sebagai korektor dan penyempurna terhadap kitab-kitab Allah yang sebelumnya dan bernilai abadi.
Sebagai mu'jizat, Al-Qur'an telah menjadi salah satu sebab penting bagi masuknya orang-orang Arab di zaman Rasulullah ke dalam agama Islam, dan menjadi sebab penting pula bagi masuknya orang-orang sekarang, dan ( insya Allah) pada masa-masa yang akan datang. Ayat-ayat yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dapat meyakinkan kita bahwa Al-Qur'an adalah firman-firman Allah, tidak mungkin ciptaan manusia apalagi ciptaan Nabi Muhammad saw yang ummi.
Demikian juga ayat-ayat yang berhubungan dengan sejarah seperti tentang kekuasaan di Mesir, Negeri Saba'. Tsamud, 'Ad, Yusuf, Sulaiman, Dawud, Adam, Musa dan lain-lain dapat memberikan keyakinan kepada kita bahwa Al-Qur'an adalah wahyu Allah bukan ciptaan manusia. Ayat-ayat yang berhubungan dengan ramalan-ramalan khusus yang kemudian dibuktikan oleh sejarah seperti tentang bangsa Romawi, berpecah-belahnya Kristen dan lain-lain juga menjadi bukti lagi kepada kita bahwa Al-Qur'an adalah wahyu Allah SWT. 

Bahasa Al-qur'an adalah mu'jizat besar sepanjang masa, keindahan bahasa dan kerapihan susunan katanya tidak dapat ditemukan pada buku-buku bahasa Arab lainnya. Gaya bahasa yang luhur tapi mudah dimengerti adalah merupakan ciri dari gaya bahasa Al-Qur'an. Karena gaya bahasa yang demikian itulah ‘Umar bin Khattab masuk Islam setelah mendengar Al-Qur'an awal surat Thaha yang dibaca oleh adiknya Fathimah. Bahkan Abu Jahal musuh besar Rasulullah, sampai tidak jadi membunuh Nabi karena mendengar surat adh-Dhuha yang dibaca Nabi.

No comments:

Featured post

Hak dan kewajiban suami istri menurut imam mazhab

--> Kewajiban suami atau hak istri a)       Meminpin, memelihara dan membimbing keluargaserta menjaga dan bertanggung jawab atas ...

Popular Posts